Growth

Tips Menyusun Resolusi

Tips & Trick

TIPS MENYUSUN RESOLUSI

by Yolanda Krisnadita

“Apa Resolusimu Tahun Depan?”

Pertanyaan ini akan muncul ketika mendekati akhir tahun dan pertanyaan ini pasti akan bikin pusing tujuh keliling, Syalalalalalala~

Yeiyelah pusing bro.. belum tentu saat di tanya seperti itu kita uda siap jawaban ingin melakukan apa, mencapai apa dan lain-lain.

Bahkan, sering kali kalo ada pertanyaan seperti itu. secara tyduck syadar, kita akan me-recall setahun ini uda ngapain aja yaa… uda mencapai apa aja yaa… uda tercapai belum yaaa.. atau sama sekali lupa resolusi tahun ini itu sebenarnya apa. Bakekok!


Nah, loh!

Weits!!! Tenang-tenang ojo goyang. Aku punya beberapa tips yang bisa dipakai untuk menyusun resolusi dan membuat Semangat untuk mencapainya.

Tips menyusun Resolusi ala Yolo

sebelum menyusun resolusi perlu dikatahui apa itu resolusi.

Arti Kata Resolusi

Menurut KBBI resolusi/re·so·lu·si/ /résolusi/ adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Nah, kata resolusi ini juga mengalami perluasan makna yang dijabarkan olah Bapak Edy Nugraha yang artinya

Resolusi berarti harapan yang sungguh-sungguh dari pribadi seseorang.

Nah, jadi paham kan apa itu resolusi kalo secara pribadi,

Resolusi adalah Pernyataan tertulis yang berisikan harapan yang sungguh-sungguh dari diri kita masing-masing.

mungkin ada perluasan makna lain dari kalian sendiri? Oke lanjoot masuk ke Tipsnya yaps!


Tips 1 | Sediakan Media Untuk Menulis

Persiapan pertama yang harus ada adalah media untuk menulis, entah itu, kertas + Bolpoin, Kertas + Spidol, Batu Sabak dan pasangannya Pensil warna Bugu gambar, buku sketsa apapun itu boleh di pakai. Kalo mau paperless boleh, kalian bisa memanfaatkan Trello atau Evernote atau Blog Pribadi kalian sendiri juga boleh.

Pokoknya media untuk menulis. Kenapa? karena secara arti dari KBBI tadi kalo resolusi itu pernyataan tertulis. Jadi kalo masi di angan-angan ya pasti akan lupa, karena enggak di tulis itu tadi.

Tips 2 | Evaluasi Diri

Evaluasi menurut ahli itu adalah secara umum bentuk suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana pencapaian suatu kegiatan, bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan suatu standar tertentu untuk mengetahui apakah ada selisih di antara keduanya, serta bagaimana manfaat yang telah dikerjakan itu bila dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh.

Wrightstone, dkk (1956)

Pengertian evaluasi adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan ke arah tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan.

Jadi, Evaluasi Diri diperlukan untuk sejauhmana pencapaian yang didapat dan dibandingkan dengan harapan-harapan mendatang yang terjadi pada diri sendiri. Mylov~

Nah, saat melakukan evaluasi ini, Tuliskan jawaban jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

  • Apa saja yang sudah saya capai di Tahun ini?
  • Siapa saja yang mendapatkan dampak dari pencapaian saya tahun ini?
  • Dalam waktu berapa lama saya dapat menyelesaikan pencapaian saya?
  • Faktor-faktor apakah yang membuat saya mampu untuk mencapai harapan-harapan tersebut.
  • Apa saja Harapan-harapan yang belum tercapai?
  • Sejauh mana harapan-harapan tersebut belum tercapai?
  • Mengapa harapan-harapan tersebut belum tercapai?
  • Faktor-faktor apakah yang membuat saya belum mencapai hal tersebut?
  • Apakah Harapan-harapan yang belum tercapai itu masih cocok dan relevan untuk di wujudkan tahun depan?
  • Resiko apa yang mungkin akan terjadi jika harapan tersebut tidak jadi terwujud di tahun depan?

Tips 3 | Buat Kesepakatan

Ketika sudah terjawab pertanyaan-pertanyaan di langkah kedua, selanjutnya adalah membuat kesepakatan. Dengan siapa membuat Kesepakatan tersebut? Ya, dengan diri sendiri toh bro…

Kerna ini resolusi pribadi ya jelas kesepakatannya dengan diri sendiri. Kalo dengan keluarga ya berarti Resolusinya bikin untuk satu keluarga. kalo satu RT ya terserah kamu lah.

Intinya, Kesepakatan ini perlua untuk mengikat komitmen dengan diri sendiri terkait dengan apa yang ingin di capai.

Hati-hati! membuat komitmen ya.. Soalnya kalo sama diri sendiri aja sering berkhianat apa lagi dengan orang lain.

Tips 4 | Tentukan dengan S.M.A.R.T

Saat sudah mmbuat komitmen untuk mencapai apa yang menjadi harapan kita di tahun depan. Saatnya untuk menentukan pencapaian di Tahun depan dengan SMART. Ngertikan??

Kalo enggak ngerti baca aja disini yaaa… Panjang!!!

Membuat resolusi yang S.M.A.R.T ini bisa membantu kita untuk mendetailakn langkah-langkah kecil pencapain besar yang akan kita capai. Selain itu bisa bantu untuk menentukan mana yang prioritasnya tinggi dan mana yang biasa dicapai dengan selaaw!

Tips 5 | Sebarkan!

Tips ke lima ini bukan untuk memviralkan resolusi kamu, mylov~ 

Menurut aku ini Penting untuk menginformasikan resolusi kamu kepada orang yang paling kamu percaya untuk sebagai pengingat atau alarm kita memenuhi apa yang sudah kita janjikan.

Kalo pun menurut kamu tidak penting bisalah untuk skip Tips nomer 5. Toh ini kan cuma Tips bisa dipakai bisa enggak.

Tips 6 | Jangan Ngoyo!

Ngoyo itu tergesa-gesa, Nikmatin aja prosesnya. terutama tidak menjadikan Resolusi sebagai beban, karena kalo menjadi beban ini bakalan bikin kamu stress gaes. Bikin kamu jadi enggak happy mencapainya. Selain itu, Kehidupanmu itu kan enggak cuma mewujudkan resolusi, ada juga kehidupan bersosialisasi, mengembangkan diri, bersantai, punya kerjaan yang harus dikerjakan enggak perlu lah berlomba sama orang lain, lah wong itu resolusi pribadimu kok. jadi jalani aja secara perlahan dan konsisten itu yang Ciamik!

 

Nah itu tadi Tips ala Yolo.. Semoga memberikan manfaat. atau mungkin ada dari kalian yang punya tips lain. (contoh Desain resolusi, resolusi untuk keluarga, atau apapun ityuuu) Sini sini nimbrung di kolom komentar.

 

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *