Eventstory

Sampai Jumpa, Emak!

Sebagian orang Emak adalah sebutan untuk Ibu, Bagi saya Emak adalah Nenek saya.

27 Januari 2019, adalah hari yang mengagetkan bagi keluarga saya, karena tanpa sakit atau apapun usai ibadah di Gereja. Emak meninggalkan dunia ini. kronologinya begitu cepat karena Emak yang beberapa hari sempat bercanda dengan para tetangga dan bahkan 3 hari sebelumnya Emak sempat main ke Rumah.

Tuhan punya rencana yang indah untuk Emak dan itu digenapi seusai Firman Tuhan, Emak terduduk lemas, para Jemaat yang saat itu melihat gerak gerik Emak yang tidak seperti biasanya memutuskan untuk membawa ke Rumah sakit. dalam perjalanan tiba-tiba Emak sudah tidak bernyawa.

Saya tidak memiliki firasat apapun, sebelum kepergian Emak. Yang saya rasakan ketika mendengar kabar. Saya tidak histeris malah saya santai. Sampai saya tiba di rumah duka, saya tetap cengengesan dengan adik sepupu dan keluarga jauh. Ketika merias Emak pun, saya hanya tersenyum meleihat Emak yang tidur dengan damai.

Namun pada saat peti mati dimasukan kedalam tanah, disitu saya pecah. Hati saya remuk karena merindukan Emak. Bagi saya Emak mengajarkan tentang kepedulian.

Dulu pernah sewaktu saya masih SD, pertama kalinya pindah ke Pasuruan dan sementara numpang di Rumah Emak, Waktu itu Emak membagi-bagikan jajan ke cucu-cucunya yang tinggal kebutulan ngumpul di rumah Emak, Pada waktu yang tidak sengaja, ketika kami semua mendapatkan Jajan yang adil seperti chiki. Ada satu sepupu saya yang mendapatkan Coklat secara diam-diam. Singakt cerita Malam harinya saya mendekati Emak yang mau tidur dan bertanya mengapa Emak seolah-olah “pilih kasih” antara cucu-cucunya dan jawaban Emak adalah “Emak sayang sama semua cucu Emak, Alasan kenapa Emak ngasih tambahan coklat buat dia, karena dia tidak dekat dengan orang tuanya dan butuh lebih banyak perhatian.”

Pernyataan Emak membuat saya sadar, bahwa adil bukan berarti sama dalam jumlah ataupun jenis, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Bagi saya Emak, bukan cuma nenek yang suka memanjakan cucunya, tetapi sosok yang memberikan hiburan dan sesuatu untuk saya bisa ambil pelajarannya. Emak sampe kapanpun saya akan selalu merindukan Emak, Sampai Jumpa lagi, Mak! Emak bahagia sekarang kumpul sama Engkong 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *