Eventstory

Pengalaman Pertama bikin Grogi!

Knowledge Sharing

24 Juni 2017 ini jadi pengalaman pertama aku yang bikin grogi. Kenapa begitu?? Karena ini pertama kalinya aku memberanikan diri sebagai pembicara knowledge sharing di depan orang-orang yang belum pernah aku temui sebelumnya.

Yups bertepatan pada tanggal tersebut adalah hari terakhir untuk puasa, dan tantangan yang dirasakan adalah bagaimana mencari peserta yang akan ikut di acaara knowledge sharing-ku. Acaranya diadakan di Ngalup Coworking Space yang ada di jalan Sudimoro Malang.

Dengan kuota peserta 20 orang dan 10 yang berhasil datang dan Puji Tuhan apa yang sudah aku bagi ternyata bisa memancing teman-teman untuk berbagi pengalaman mereka dan Puji Tuhannya dari yang telah disampaikan bisa dimengerti (hahaha : ini yang bikin seneng).

Tangannya gerak mulu jadi fotonya Blur (ahahaha)

Groginya kenapa?

nah yang bikin grogi ini adalah ketika aku tahu yang datang di acara tersebut ada yang sudah senior namanya Pak Hertanto beliau ini sudah berkecimpung di bisnis sudah lebih lama dengan pengalaman yang banyak. Ketika beliaunya datang aku jadi merasa kecil dan tidak pantas untuk menyampaikan ini.

Dengan segala cara aku menenangkan diri biar tidak grogi dan tetep kelihatan profesional makanya ada beberapa hal yang aku lakukan:

  1. Tarik nafas lebih dalam dan tahan selama 5 menit baru di hembuskan.
  2. Selama menahan nafas tersebut pastikan untuk mengumpulkan kepercayaan diri, dimana kesempatan ini harus benar-benar di manfaatkan dengan baik.
  3. Hembuskan nafas dan menyebut nama Tuhan

Ketiga hal tersebut cukup effektif aku lakukan untuk menghilangkan grogi yang aku alami. Mungkin teman-teman bisa berbagi tips untuk mengatasi grogi ini?

Untuk Materi apa yang aku bagi bisa cek di postingan aku selanjutnya. Nah yang terakhir ini adalah hasil foto-foto saat selesai knowledge Sharing-nya nih 🙂

Ini Foto Akhirnya Pak Hertanto 3 dari kiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *